WEBINAR PEMBUATAN CV, TEHNIK WAWANCARA, DAN SOSIALISASI DUNIA KERJA

CV merupakan dokumen wajib yang harus dipersiapkan jika kita berniat untuk melamar pekerjaan. Tapi, apakah penting untuk membuat CV yang menarik?  Kita harus memahami bahwa CV yang menarik dapat membuat kita mudah mendapatkan pekerjaan, karena sepenting apapun informasi yang kita berikan, hal tersebut tidak akan terlalu berguna jika tidak ada yang mau membaca CV kita. Alhasil, data yang telah kita susun akan menjadi sia-sia dan akan semakin menyulitkan kita untuk mendapatkan pekerjaan yang diinginkan.

 menarik?  Kita harus memahami bahwa CV yang menarik dapat membuat kita mudah mendapatkan pekerjaan, karena sepenting apapun informasi yang kita berikan, hal tersebut tidak akan terlalu berguna jika tidak ada yang mau membaca CV kita. Alhasil, data yang telah kita susun akan menjadi sia-sia dan akan semakin menyulitkan kita untuk mendapatkan pekerjaan yang diinginkan.  Mengantisipasi hal tersebut, STIKes Medistra Indonesia melalui Unit HAPRITES dibawah koordinasi Bidang Kemahasiswaan menggelar Webinar (Web Seminar) Pembuatan CV, Tehnik Wawancara, dan Sosialisasi Dunia Kerja, pada hari Sabtu (5/09/2020) lalu melalui aplikasi Zoom.

Odoo - Sample 1 for three columns
Odoo - Sample 2 for three columns
Odoo - Sample 3 for three columns

Kegiatan yang mengusung tema “Prepare Your Self Start From Now” ini diikuti sedikitnya 176 orang peserta. Tujuan diselenggarakannya kegiatan ini diantaranya, memberikan pengetahuan praktis bagi mahasiswa tingkat akhir dalam menulis/ menyiapkan surat lamaran dan CV yang baik, memberikan pengetahuan praktis bagi mahasiswa dalam menghadapi wawancara/ interview, dan membantu mahasiswa mempersiapkan diri menghadapi dunia kerja.

     Turut mengisi acara, 2 orang narasumber dengan materi yang sangat menarik, yaitu  Ibu Widya Dwi Utami dengan materi berjudul “Menggali Kemampuan Diri, Meningkatkan Kepercayaan Diri, Serta Membangun Citra Diri Sebagai Tenaga Kesehatan”, dan Bapak Mohammad Ilham Taupik dengan materi “Pembuatan CV, Tehnik Wawancara dan Sosialisasi Dunia Kerja”. Selain itu masuk dalam rangkaian acara, kegiatan sharing  prospek kerja dari berbagai instansi diantaranya AGD (Ambulance Gawat Darurat) Provinsi DKI Jakarta, OS Selna Jaya, Asuransi Astra, dan Elite International Recruitment.

Odoo - Sample 1 for three columns
Odoo - Sample 2 for three columns
Odoo - Sample 3 for three columns

     Kegiatan ini dimulai pukul 08.00 WIB, dan secara resmi dibuka oleh Ketua STIKes Medistra Indonesia, Ibu Linda Kristiani Telaumbanua. “Salah satu bentuk kepedulian STIKES MI dalam mewujudkan lulusan siap kerja dan cepat terserap yaitu dengan program pembekalan teknik melamar yang baik dan benar. Melalui webinar yang rutin diadakan tiap tahun dan dikelola oleh Bidang Kemahasiswaan dan Alumni khususnya Bidang Hubungan Alumni, Pengembangan Karir dan Tracer studi (Haprites) diharapkan para Lulusan dapat memahami teknis melamar yang baik. Lebih jauh lagi, STIKES MI konsen pada pengembangan diri Lulusan sehingga untuk menjadi tenaga kerja kesehatan di instansi bekerja dapat menjadi agen pembaharu, inovatif dan kinerjanya memajukan instansi/lembaga tempat bekerja”, demikian beliau sampaikan. Selama webinar berlangsung, peserta menyimak materi dengan baik, serta memanfaatkan sesi tanya jawab dengan maksimal.

     Ibu Anis Sholikah selaku Koordinator Unit HAPRITES (Hubungan Alumni, Pengembangan Karir dan Tracer studi) mengucapkan terimakasih kasih kepada yayasan dan segenap jajaran pimpinan STIKes Medistra Indonesia atas dukungan yang diberikan sehingga telah dilaksanakan kegiatan webinar pembuatan CV, tehnik wawancara dan sosialisasi dunia kerja. Webinar ini dilaksanakan setiap setahun sekali, salah satu upaya mempersiapkan mahasiswa akhir untuk mempersiapkan diri memasuki dunia kerja. Sehingga lulusan STIKes Medistra Indonesia mempunyai pemahaman diri terkait kebutuhan dunia kerjanya.